September 16, 2022

Galen Pertama Kali Eksperimen Ke Kedokteran

Dokter Yunani dianggap sebagai yang kedua setelah Hippocrates dari Cos dalam pentingnya pengembangan kedokteran, Galen melakukan pembedahan ekstensif dan pembedahan pada hewan.

Meskipun pembedahan manusia telah jatuh ke dalam keburukan, ia juga melakukan dan menekankan kepada murid-muridnya pentingnya pembedahan manusia.

Dia merekomendasikan agar siswa berlatih diseksi sesering mungkin.

Dia mempelajari otot, sumsum tulang belakang, jantung, sistem kemih, dan membuktikan bahwa arteri penuh dengan darah.

Dia percaya bahwa darah berasal dari hati, dan mengalir bolak-balik melalui tubuh, melewati jantung, di mana ia bercampur dengan udara, melalui pori-pori di septum.

Galen juga memperkenalkan sistem roh, yang terdiri dari roh alam atau “pneuma”

(Udara yang menurutnya ditemukan di pembuluh darah), roh vital (darah bercampur udara yang dia yakini ditemukan di pembuluh darah), dan roh binatang (yang dia yakini ada di dalamnya). ditemukan dalam sistem saraf).

Dalam On the Natural Facilities, Galen dengan cermat menggambarkan eksperimennya pada seekor anjing hidup untuk menyelidiki kandung kemih dan aliran urin.

Itu Galen yang pertama kali memperkenalkan gagasan eksperimen ke kedokteran.

Galen percaya segala sesuatu di alam memiliki tujuan, dan alam menggunakan satu objek untuk lebih dari satu tujuan bila memungkinkan.

Dia menyatakan bahwa “dokter terbaik juga seorang filsuf,” dan menganjurkan agar mahasiswa kedokteran fasih dalam filsafat, logika, fisika, dan etika.

Galen dan karyanya On the Natural Faculties tetap menjadi otoritas kedokteran sampai Vesalius pada abad keenam belas.

Meskipun banyak pandangannya agen sbobet terpercaya tentang anatomi manusia salah karena ia telah melakukan pembedahan pada babi, kera Barbary, dan anjing.

Galen secara keliru menyatakan, misalnya, bahwa manusia memiliki hati dengan lima lobus (yang dimiliki anjing) dan bahwa jantung hanya memiliki dua ruang (memiliki empat).

Galen dari Pergamus adalah seorang dokter yang lahir di Pergamus adalah kota yang ramai dan hidup pada saat itu dan sangat terkenal dengan patung Asclepius, dewa penyembuhan.

Sepanjang hidup Galen, dia menyatakan pengabdiannya kepada Asclepius.

Kota ini juga memiliki perpustakaan yang hampir menyaingi Alexandria dalam ukurannya. Ayah Galen, Nicon, adalah seorang arsitek yang makmur.

Ini memberi Galen waktu luang untuk mendapatkan pendidikan dan memilih jalan hidup yang tidak terbebani oleh kebutuhan untuk mendapatkan uang.

Namun, kemakmuran ini tidak berarti bahwa Galen dibesarkan “lunak” (sesuai diskusi Platon di Republik 544b-570e di mana ia membahas devolusi sistem politik karena pembusukan arte pribadi).

Pendidikan Galen luas dan diarahkan oleh ayahnya. Galen belajar matematika (favorit tertentu dari ayahnya), tata bahasa, logika, dan filsafat-yang termasuk penyelidikan ke dalam empat sekolah utama waktu: Platonis, Peripatetik, Stoa, dan Epicureans.

Kepekaan pluralistik ini mempengaruhi metode filosofis/ilmiah Galen. Menurut pluralisme, seseorang harus melihat semua teori yang umum dan kemudian mengambil keputusan sendiri untuk memilih salah satu teori atau mungkin campuran baru dari teori-teori yang disajikan sesuai dengan kekuatannya.

Galen memulai studi kedokterannya sekitar usia enam belas tahun ketika ayahnya bermimpi menyarankan arah ini.

Galen pergi ke Smirna dan Korintus untuk belajar dengan seorang Rasionalis dan seorang Empiris.

Ketika ayah Galen meninggal, Galen melakukan perjalanan ke Mesir (Alexandria) di mana dia tinggal mungkin selama lima tahun (152-157).

Apa yang mungkin dipelajari Galen di Alexandria sangat spekulatif. Namun, Galen sendiri kemudian menyatakan bahwa siswa harus “melihat kerangka manusia dengan mata kepala sendiri.

Hal ini sangat mudah di Aleksandria, sehingga para dokter di daerah itu menginstruksikan murid-murid mereka dengan bantuan otopsi” (Kühn II, 220, terjemahan L. Edelstein).

Kutipan ini menunjuk pada praktik otopsi (pembedahan mayat) di Alexandria.

Apakah Galen juga mempelajari anatomi dengan cara ini tidak jelas. Jelas bahwa Galen (setidaknya) terlibat dalam anatomi komparatif dengan membedah monyet.

JOIN OUR TEAM
  • : Be a Volunteer
  • Work With Us
  • Fund/ Donate an Activity
  • Be a Scout